PENGANTAR STUDY ISLAM

 Nama : Achmad Zainullah


Kelas : SPI2


Nim : 204104040022




PENGERTIAN ILMU KALAM, KEMUNCULAN ILMU KALAM, DAN ALIRAN DALAM ILMU KALAM




PENGERTIAN ILMU KALAM


Istilah Ilmu kalam bisa diidentikan dengan kata teologi (theology). Secara istilah, teologi dan ilmu kalam bisa dikatakan identik dan bisa saling mengartikan. Dalam sejarah, ilmu kalam muncul ada 2 aliran pokok, yaitu rasional dan tradisional. Ilmu kalam menempatkan tuhan sebagai fokus atau sentral bahasanya. Teologi dan ilmu kalam pada tatanan tertimologis ada sisi yang berbeda. Sama sama membahas segi tuhan, namun dalam tradisi kristiani ternyata teologi juga mengkaji aspek agama selain diluar kepercayaan atau ketuhanan. Yunan Yusuf, Ahdhud ad-Din al-Ijil membuat rumusan definisi ilmu kalam (teologi islam) yaitu ilmu yang digunakan untuk membantah penyelewangan(As-Syubhah) dalam masalah akidah.


MUNCULNYA ILMU KALAM

Yang melatarbelakangi sejarah munculnya persoalan-persoalan kalam adalah disebabkan faktor-faktor politik pada awalnya setelah khalifah ustman dan kemudian diganti Ali menjadi khalifah.


ALIRAN-ALIRAN DALAM ILMU KALAM

a). Aliran Khawarij

    Suatu nama yang mungkin diberikan oleh kalangan lapangan karena tidak mau menerima arbitase dalam pertempuran sifin. Khawarij berasal dari kata kharaja, artinya ialah keluar, dan yang dimaksud disini ialah mereka yang keluar dari barisan Ali sebagai diterimanya arbitse oleh Ali.

b). Aliran Syiah

    Dalam b.arab artinya pihak, puak, golongan, kelompok/pengikut sahabat/penolong. Pengertian ini bergeser mempunyai pengertian tertentu. Setiap orang menyebut syiah yaitu kelompok masyarakat yang amat memihak Ali dan memulyakan beserta keturunanya.

c). Aliran Jabbariyah

    Berasal dari kata ''jabara'' yang artinya memaksa dan mengharuskannya melaksanakan sesuatu. Secara harfiah dari lafadz ''aljabr'' artinya paksaan. Secara istilah jabbariyah adalah menyadarkan perbuatan manusia kepada Allah.

d). Aliran Qoddariyah

    Berasal dari kata ''qadara'' yang artinya memutuskan kemampuan dan memiliki kekuatan. Qaddariyah adalah nama yang dipakai untuk salah satu aliran yang memberikan penekanan terhadap kebesaran- kebesaran dan kekuatan manusia dalam menghasilkan perbuatan-perbuatanya.

e). Aliran Mu'tazillah

    Berasal dari kata I'tazala yang artinya menjauhkan atau memisahkan diri dari sesuatu. Menjadi nama aliran didalam Ilmu kalam yang para sarjana menyebutnya Mu'tazillah berdasarkan peristiwa yang terjadi pada Washil ibn Atha (8H/699M-131M/748M)

f). Aliran Asy'arriyah

    Memiliki nama lain yaitu Ahlu Sunnah wal Jamaah. Aliran teologi yang dinisbahkan kepada pendirinya yaitu Abu al-Hasan, Ali ibn Ismail al-Asy'ari.

g). Aliran Matudiriyyah

    Diambil dari nama tokoh pertama yang tampil mengajikan pemikiran sendiri. Dikatakan tampil sebagai reaksi terhadap pemikiran-pemikiran yang rasional.

h). Aliran Murjia'ah

    Berasal dari b. Arab ''irja'' yang artinya penundaan atau penangguhan. Mereka menyakini bahwa dosa besar merupakan imbangan atau pelanggaran terhadap keimanan dan hukuman atau dosa tidak berlaku selamanya.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR STUDY ISLAM

PENGANTAR STUDY ISLAM

PENGANTAR STUDY ISLAM